Header Ads

WAJIBKAH TERDAFTAR DI DTKS UNTUK MENDAFTAR KIP KULIAH

Berdasarkan persyaratan KIP Kuliah pemilik KIP/KKS/PKH/DTKS adalah kelompok prioritas.  Akan tetapi banyak juga kelompok kurang mampu yang tidak memilikii KIP/KKS/PKH/DTKS.

Nah, kemudian akan muncul pertanyaan seperti ini.

Saya tidak memiliki KIP/KKS/PKH dan tidak terdata di DTKS, apakah saya bisa mendaftar KIP Kuliah ?


Berdasarkan jawaban yang kita kutip dari web KIP Kuliah langsung, ditegaskan bahwa pendaftar KIP Kuliah tidak wajib terdata di DTKS. Tetapi pada kenyataannya masih banyak kampus yang menerapkan persyaratan ketat dalam pendaftaran KIP Kuiah.

Nah, berikut kelemahan jika tidak memiliki KIP/KKS/PKH dan tidak terdata di DTKS :
  1. Mayoritas Perguruan Tinggi Swasta mewajibkan kepemilikan KIP/KKS/PKH dan jika tidak punya wajib terdata di DTKS. Meski demikian, tetap ada kampus swasta yang tidak mewajibkan juga, walau hanya sedikit kampus.
  2. Mayoritas Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (UIN/IAIN/STAIN) mewajibkan kepemilikan KIP/KKS/PKH dan jika tidak punya wajib terdata di DTKS. Meski demikian, tetap ada kampus keagamaan Islam yang tidak mewajibkan juga, walau hanya sedikit kampus.
Kuota KIP Kuliah di PTS dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam jauh lebih sedikit. Hal ini memaksa mereka untuk memprioritaskan pemilik KIP/PKH/KKS.

Berikut contoh persyaratan kampus yang mewajibkan terdata di DTKS untuk pendaftaran KIP Kuliah :

Dan berikut contoh persyaratan kampus yang mewajibkan surat rekomendasi dari Dinas Sosial (biasanya rekomendasi Dinsos dikeluarkan jika terdata DTKS):

Disamping hal di atas ada kasus khusus dimana ternyata  data DTKS sangat menentukan apakah kalian bisa mendaftar di web KIP Kuliah atau tidak.

Pada foto diatas terbukti bahwa ketika kalian tidak terdata di DTKS maka, kalian bisa saja gagal mendaftar di web KIP Kuliah. Tentu tidak semua pelamar mengalami kasus ini, tapi setidaknya perlu antisipasi agar kalian tidak kecewa di kemudian hari.

Walau tidak wajib, kita sangat menganjurkan agar kalian mendaftar di DTKS di  bulan September-Oktober ini. Prosedur pendaftaran DTKS bisa kalian cek disini.

Jangan lupa follow Instagram @sahabat.kipkuliah
Subscribe youtube dibidikmisicom

3 komentar:

  1. Bagaimana cara mendaftarnya?
    Sy ingin mendaftar

    BalasHapus
  2. Bagaimana cara mendaftar KIP Kuliah?
    Untuk anak saya?

    BalasHapus
  3. Bagaimana cara mendaftar KIP Kuliah? Buat anak saya ?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.