Header Ads

CARA CEK APAKAH SUDAH TERDAFTAR DI DTKS ATAU BELOM

Salah satu basis data yang terintegrasi dengan sistem pendaftaran KIP Kuliah ialah data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) milik Kementrian Sosial.

Bagi pelamar KIP Kuliah yang belom terdaftar di DTKS ketika mendaftar di web KIP Kuliah akan mendaptkan  keterangan sebagai dashboard  sebagai berikut :


Keterangan ini sebenarnya bisa diabaikan dan tidak berpengaruh apa-apa, karena akan ada proses seleksi lanjutan yang dilakukan oleh kampus untuk menentukan kelayakan para pelamar KIP Kuliah. Tapi banyak juga yang merasa khawatir jika keterangan itu bisa bermasalah pada pengajuan KIP Kuliah nantinya.

Bagi yang belom tahu cara untuk mengecek status DTKS kalian, silahkan ikuti alur berikut :

1. Kunjungi website berikut cekbansos.siks.kemsos.go.id/kemsos/pencarian


2. Lalu PILIH ID, masukkan NIK

Kalian boleh memilih dengan ID liannya namun kita rekomendasikan dengan ID NIK

3. Masukkan NIK dan  isikan NAMA SESUAI KTP

4. Isikan box CAPTHCHA, dan klik CARI

5. Jika datamu terdata di DTKS maka akan muncul tampilan sebagai berikut :


Jika data kalian dikeluarkan dari data DTKS, maka di kolom keterangan akan mucul bahwa data DTKS sudah tidak berlaku atau dinonaktifkan.

Keterangan kepesertaan dapat diabaikan walaupun BSP : -

6. Jika datamu tidak terdata di DTKS maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

Tapi jangan khawatir karena terkadang dalam input data sering terjadi masalah. Sehingga ketika kalian mencoba melakukan pencarian di DTKS, lakukan pencarian data DTKS atas ID Kepala Keluargamu dulu baru cari dengan ID data namamu.

Jika dalam pencarian dengan ID orang tuamu ada sementara pencarian dengan ID namamu tidak ada, maka silahkan ajukan perbaikan data DTKS atas namamu ke pihak Desa/Kelurahan setempat.


Jangan lupa follow Instagram @sahabat.kipkuliah
Subscribe youtube dibidikmisicom

24 komentar:

  1. Kk kalau sudah daftar di kip sama sudah pilih universitasnya ..apakah harus daftar online di UNIVERSITAS nya nggak kk

    BalasHapus
  2. kak kalau kita gak pengajuan tahun ini di dtks bahwa kita pelamar kipk, apakah akan berpengaruh untuk masuk ptn tahun depan? atau dengan kita daftar online di web kipk itu gak jadi masalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang masalah ada yang tidak. Jadi tergantung data yang ada di NIK masing-masing.

      Hapus
  3. Assalamu'alaikum... Kak, saya kan sudah daftar KIP kuliah online dan sudah dinyatakan lulus seleksi PTKIN, tapi pas saya cek di DTKS Nomor NIK nya tidak terdata, itu saya harus bagaimana kak? Harap penjelasannya šŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita sama kak punya masalah yang sama...

      Hapus
  4. Nasibku kurang beruntung..sebagai kuli bangunan tidak mendapatkan bansos

    BalasHapus
  5. Apakah aku sudah terdaftar di kip-kuliah tahun ini...
    Terima kasih

    BalasHapus
  6. Saya single parent dÄ£ 4 anak sbg angggota pkh dan Kks juga guru honor pada madrasah swasta yg hanya menerima sergu sebesar Rp 1.500.000 perbln tanpa insentif lain. Anak yg nmor 1 sdg kuliah, anak yg nmor2 masuk peringkat 2 di Ä·las saat pelulusan tapi terkafer di bidik misi...saya coba daftar mandiri scra online lewat KIP-Kuliah setelah memenuhi syarat registrasi sampai lah ke tahap pemilihan Ptn/pts dan kami memilih pts yg ada di kota kami krn lg pandemi...tapi setelah hasil registrasi kami serahkƤn pada pihak kƤmpus ut ditindaklanjuti yg mna saat bersamaan kami tanyakan kuota pada jurusan yg dipilih masi tersedia atau tdk jawabannyƤ "masih ada"...di kemudian hari kami disuruh membayar lagi biaya pendĆ¢ftaran ulang berikut Spp dan uang Bangunan tetapi blum dibayar karena tunggu lounching nama penerima KIP. Sebab bila anak terdaftar pada KIp kuliah...uang yg sdh terlanjur dibayarkan tdk akan dikembalikan sesuai penjelasan Panitia nya...Mohon Bantuannya Bagaimana cara cek nama anak bila terkaver sbg penerima bantuan KIp kuliah atau tdk? Dan bgm membatalÄ·n registrasi yg sdh terlanjur bila memang tidak terkaver namanya? Agar tdk disalahgunakan oleh pihak lain dan bisa kami gunakan ut mendaftar kip Ä·uliah di tahun berikut bila tahun ini gagal..
    Jawabannya sangat saya harp.trima kasĆ­

    BalasHapus
  7. Anak saya punya KJP dan aktif, tapisaya cek berkali2 di SIKS-NG online, baik nama kepala rah tangga dan anaknya, hasilnya kok tidak terdata ya? Ada yg salah dengan sistemnya?

    BalasHapus
  8. Sy terdaftar dlm DTKS tp selama masa pandemi cuma 1x menerima bantuan wkt bulan Ramadhan smpe skrg prnh dpt bntuan bansos apapun lg..anak sy jg punya KIP tp tdk menerima pd th 2020 ini..sdgkan teman2 nya yg sma2 punya KIP sdh cair..bgt jg dng sklh yg lain.. bagaimana caranya spy kami bs mndaptkan manfaat bansos maupun manfaat KIP lg Krn utk apa punya kartunya tp tdk ada manfaatnya.. terimakasih

    BalasHapus
  9. Knpa pas ingin mengecek sllu tdk pnya(anda tdk memiliki akses.

    BalasHapus
  10. Kenapa sy selalu data tidak di temukan padahal sy selalu dpt bantuan..dan anak sy punya kjp

    BalasHapus
  11. Kenapa sy selalu data tidak di temuakan padahal anak punya kjp dan bantuan selalu ada nama

    BalasHapus
  12. Sistemnya kurang bermutu ,,kadang suka error

    BalasHapus
  13. Bgmna cara mngajukan bansos pip

    BalasHapus
  14. Sy tdk prnh mndptkan bansos pip dan bgmna cara spy dpt bansos pip???

    BalasHapus
  15. Dan bgmna cara daftar mndapatkan BLT

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.