Header Ads

ANAK YATIM PENJUAL NASI ANGKRINGAN KULIAH GRATIS DI UNNES

 


Didi Khomsa Prasetyana, anak yatim berprestasi yang sempat viral karena pagi sekolah dan malam berjualan nasi goreng di angkringan sempat pesimis bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, atau kuliah.

Didi lolos seleksi Perguruan Tinggi melalui jalur undangan, namun ia tidak mempunyai cukup biaya untuk membayar biaya registrasi.

Harapannya kembali mengembang setelah ia masuk dalam daftar penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Kini ia bisa kuliah di jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Didi bisa kuliah berkat kepedulian gurunya ketika di SMAN 1 Sigaluh. Mereka menggalang dana untuk membayar biaya registrasi.

Setelah registrasi terbayar, Didi mengurus beasiswa KIP Kuliah. Ia menyurati Rektor Unnes agar bersedia menerima permohonan beasiswa KIP Kuliahnya.

Gayung bersambut, Rektor Unnes menerima permohonan beasiswa Didi dan dua rekan sesekolahnya.

“Awalnya memang agak ribet dan saya sempat pesimis. Tapi akhirnya banyak guru yang peduli dan membantu jalan keluarnya” katanya, Senin (7/9/2020).

Kepedulian para guru tak lepas dari budaya kekeluargaan yang kental di SMAN 1 Sigaluh. Sekolah bersedia membantu jika ada siswa dari keluarga tidak mampu.

Keberhasilan Didi misalnya. Sekolah melihat Didi sebagai pekerja keras dan berprestasi. Para guru kemudian membuka jalan agar Didi bisa melanjutkan perjalanan meraih cita-citanya menjadi guru.

“Tahun ini ada 14 siswa kami yang diterima PTN, dan enam di antaranya mendapatkan beasiswa KIP Kuliah,” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMA Negeri 1 Sigaluh, Heni Purwono, dalam keterangan tertulis.

Kini, Didi tidak lagi berjualan setiap malam. Sembari menunggu masa aktif perkuliahan secara daring, ia menjadi relawan juru masak di Rumah Makan Rakjat, rumah makan yang menyediakan makanan gratis untuk warga kurang mampu di kawasan kota Banjarnegara.

“Saya ingin terus berbuat kebaikan untuk orang lain, karena saya yakin hal itu akan kembali lagi kepada saya,” ujar Didi.


Berita ini kami kutip sepenuhnya dari liputan6.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.