Header Ads

KELEMAHAN PENDAFTARAN KIP KULIAH 2020



Program KIP Kuliah adalah program unggulan pemerintah dalam rangka membantu kelompok ekonomi tidak mampu agar bisa mengkuliahkan anak-anaknya hingga ke jenjang Perguruan Tinggi. Pada tahun 2020, pemerintah merencanakan kuota yang sangat besar, yakni sebanyak 400 ribu mahasiswa akan menerima di program ini. Akan tetapi, di balik segala keunggulannya tersebut, masih ada titik lemah yang harus diperbaiki.

Berikut ini merupakan sisi lemah KIP Kuliah, terutama pada sistem pendaftaran online yang dapat langsung dilakukan oleh para siswa yang ingin mendaftar :

Orang Kaya Curang Bisa Daftar

Pada tahun sebelumnya, ketika sistemnya masih Bidikmisi. Pendaftaran Bidikmisi dilakukan oleh sekolah. Itu artinya, sekolahlah yang menentukan siapa yang berhak mendaftar dan siapa yang tidak berhak mendaftar. Dalam konteks ini, tidak sembarang siswa bisa melakukan pendaftaran di websitenya Bidikmisi. Namun kelemahannya memang, ketika sekolah tidak mau mendaftar ke Bidikmisi, maka semua siswanya tidak bisa mendaftar di beasiswa ini.

Sedangkan pada tahun ini, semua siswa bisa melakukan pendaftaran sendiri-sendiri ke webnya KIP Kuliah tanpa harus melalui pihak sekolah. Siswa tinggal memasukkan NIK, NISN dan NPSN untuk bisa mendapatkan No. Pendaftaran KIP Kuliah dan Kode Aksesnya. Dengan sistem ini, semua siswa akan dimudahkan mendaftar KIP Kuliah karena tidak harus berurusan dengan sekolah. Tapi dengan kemudahan ini, siswa yang "kaya" bisa nyelonong masuk mendaftar KIP Kuliah dengan melakukan pemalsuan pengisian data di kolom-kolom yang diminta.

Pentingnya Pembatasan Tentang Siapa Yang Boleh Daftar KIP Kuliah 


Pada tahun ini, kita memang masih mendukung pemberlakuan SKTM untuk mereka yang ingin mendaftar ke KIP Kuliah karena pendaftaran di BDT/DTKS amatlah sulit, dan banyak daerah yang masih belum tahu alur pendaftaran BDT/DTKS. Sehingga dalam 2 tahun ke depan memang SKTM harunya masih berlaku.

Akan tetapi, siapa-siapa yang bisa mendaftar ke KIP Kuliah harus dibatasi. Pemerintah mungkin harus menginstrusikan kepada Dinas Sosial untuk mengeluarkan Surat Rekomendasi untuk mendaftar KIP Kuliah. Akan tetapi verifikasi yang dikeluarkan oleh Dinsos tidak boleh hanya merujuk pada data  DTKS saja  karena akan berpotensi mempersulit.

Kita mengusulkan bahwa rekomendasi Dinsos didasarkan oleh SKTM dari Desa dan  surat  rekomendasi KIP Kuliah dari sekolah.

Dengan begitu maka, para pendaftar KIP Kuliah bisa terfilter lebih awal.

Banyak Yang Gagal Daftar KIP Kuliah Karena NISN, NIK, NPSN

Catatan yang agak serius adalah banyak yang mendaftar KIP Kuliah gagal karena NISN tidak terdaftar. Gagal karena NIK tidak terdaftar, NPSN salah dan sebagainya. Persoalan kegagalan pendaftaran KIP Kuliah ini sangat sulit dicarikan solusinya, dan Helpdesk KIP Kuliah juga tidak cukup pro aktif memberikan solusi atas banyaknya persoalan tersebut.

Kita tahu bahwa ada fitur verifikasi NISN bagi alumni (alamat verifikasi http://pd.data.kemdikbud.go.id/vervalLulusan/ ), akan  tetapi  masih muncul kendala. Hal ini berbeda dengan pendaftaran Bidikmisi sebelumnya, yang semua siswa yang di daftarkan di Bidikmisi pasti mulus bisa daftar di program ini.


Kita berharap Helpdesk KIP Kuliah bisa lebih pro-aktif dan bisa diampu oleh tim teknis yang mumpuni atau dimunculkan fitur sekolah  kembali. Fitur sekolah ini berfungsi untuk mendaftarkan siswa yang tidak bisa mendaftar secara mandiri.

Perlunya Fitur Ganti Email

Selain gagal daftar gara-gara kendala NISN, NIK dan NPSN. Beberapa juga  mengeluhkan karena email yang mengirimkan kode akses dan  nomer pendaftaran tak kunjung terkirim.


Kita tahu ada fitur untuk mengirim ulang informasi akun (alamat : https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/resend-email ). Tetapi fitur ini tidak cukup. Ada beberapa pendaftar yang teledor dan kemudian tidak menemukan solusi dengan menggunakan fitur di atas. 

Pendaftar yang salah memasukkan email ketika melakukan pendaftaran, mereka tidak bisa mendapatkan email notifikasi pendaftaran KIP Kuliah. Mereka juga tidak akan bisa menggunakan fitur Kirim Ulang Email Informasi Akun karena email yang dipakai mendaftar dan yang dimasukkan di fitur itu berbeda. Hal ini tentu harus dijawab dengan mengaktifkan fitur sekolah. Dan kasus-kasus teledor semacam ini harus diatasi dengan bantaun sekolah.

Sehingga dengan bantuan fitur sekolah, pelamar-pelamar teledor tetap bisa tercover. Jika ada yang lupa pasword emailnya, maka tetap bisa login dengan meminta informaasi akun ke sekolah masing-masing. 


______________________

Jangan lupa follow Instagram @sahabat.kipkuliah
Subscribe youtube dibidikmisicom

62 komentar:

  1. Saya salah satu siswa yang merasakan kelemahan KIP Kuliah ini. Karena error pada saat pendaftaran. Padahal seluruh data sudah benar

    Sangat informatif
    Semoga pemerintah bisa membaca artikel ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama,saya juga sudah mendaftar dengan benar namun tetap gagal

      Hapus
  2. Apa bila dtksnya tdk terdaftar,tetapi kartu kip kuliahnya sdh bisa cetak pedrty bisa mendaoat kip kuliah k?
    Yg berikut jika no kip kuliah sudah aktif oedrty sdh terdaftar k? Tolong jawabannya!!!

    BalasHapus
  3. Saya membuat akun KIP kuliah gagal,padahal data nisn,nik,npsn sudah sesuai ,tapi kenapa kok gagal? Mohon bantuanya

    BalasHapus
  4. Kok sekarang kip kuliah nggak bsa login ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah vpn di android. tapi masih error, gimana yah kak?
      apakah sudah tidak bisa login?

      Hapus
  5. Kak mau tanya kalau mendaftar tahun ini tapi tidak lolos seleksi. Apakah bisa digunakan tahun depan untuk perguruan tinggi yang berbeda atau harus daftar ulang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Numpang nanya sekalian kak,. Maaf sebelumnya. Kalo KIP kuliah di tahun ini lolos tp tdk jadi masuk ke perguruan tinggi apakah bisa digunakan untuk mendaftar lagi di thn depan?

      Hapus
  6. Kak saya minta tolong NISN saya udah benar tapi kenapa kok mau daftar kip kuliah tidak bisa mohon bantuannya?

    BalasHapus
  7. Permasalahnnya saya cuma di NISN saja kak yang lain udah benar
    Tolong saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ajukan verifikasi disini http://pd.data.kemdikbud.go.id/vervalLulusan/

      Hapus
  8. Verval itu butuh berapa lama ya kak? Kok punyaku belum selesai juga

    BalasHapus
  9. Saya kok selalu salah di nama dukcapil ya kak padahal namanya bener bgt :"

    BalasHapus
    Balasan
    1. ajukan verifikasi disini http://pd.data.kemdikbud.go.id/vervalLulusan/

      Hapus
  10. Kak gimana ya cara membatalkan KIP kuliah di satu PT tertentu karna kara ingin mengajukan kip kuliah di PT yg lain

    BalasHapus
  11. Bagaimana Ciri ciri daftar kip kuliah berhasil kak?

    BalasHapus
  12. Semisal dalam hal "PRESTASI" nya tidak di isi,apakah boleh?

    BalasHapus
  13. setelah semua terpenuhi pendaftaran KIP kuliah..kenapa pihak sekolah tidak mengajukan dengan alasan.. "itu untuk pendaftar baru"...padahal saya di SMA dulu mendapat KIP ..mohon penjelasannya bagaimana prosedurnya ..mohon maaf jika ada kata yg salah��

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan ajukan pendaftaran sesuai alur berikut http://www.dibidikmisi.com/2020/02/tahapan-pendaftaran-kip-kuliah.html

      Hapus
  14. setelah semua terpenuhi pendaftaran KIP kuliah..kenapa pihak sekolah tidak mengajukan dengan alasan.. "itu untuk pendaftar baru"...padahal saya di SMA dulu mendapat KIP ..mohon penjelasannya bagaimana prosedurnya ..mohon maaf jika ada kata yg salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan lakukan proses pendaftaran sesuai alur berikut http://www.dibidikmisi.com/2020/02/tahapan-pendaftaran-kip-kuliah.html

      Hapus
  15. setelah semua terpenuhi pendaftaran KIP kuliah..kenapa pihak sekolah tidak mengajukan dengan alasan.. "itu untuk pendaftar baru"...padahal saya di SMA dulu mendapat KIP ..mohon penjelasannya bagaimana prosedurnya ..mohon maaf jika ada kata yg salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan lakukan proses pendaftaran sesuai alur berikut http://www.dibidikmisi.com/2020/02/tahapan-pendaftaran-kip-kuliah.html

      Hapus
  16. Kak saya kan lolos sbmptn sebagai pemohon kipk...nah saya mau bartenya kak...saya ngga ambil karena sesuatu masalah...tahun depan bisa ngga kak coba lagi sbmptn menggunakan kipk?

    BalasHapus
  17. Kak saya kan lolos sbmptn sebagai pemohon kipk...nah saya mau bertanya kak...saya ngga ambil karena sesuatu masalah...tahun depan bisa ngga kak coba lagi sbmptn menggunakan kipk? ..mohon direspon kk bidikmisi....

    BalasHapus
  18. Nik saya tidak terdaftar di dapodik ,kalau nik saya sudah terdaftar apakah saya bisa langsung daftar kip kuliah

    BalasHapus
  19. Kak saya mau tanya, saya daftar seleksi mandiri undip gel 1, lalu saya gagal. Saya ingin ikut undip gel 2, dgn prodi yang berbeda dari sebelumnya, tetapi saat daftar seleksi mandiri kipk lg tidak bisa karena universitas sudah saya daftarkan di kipk sebelumnya, bagaimana cara mengganti prodi nya kak? Terimakasih sebelumnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, ndak usah diganti soale ndak bisa. ndak sama ndak apa-apa antara web kip k dan web undip

      Hapus
    2. Kak, saya sudah punya no.pendaftaran dan kode akses, tapi kenapa kali ini tidak bisa masuk?
      Saya juga sudah mencoba pakai VPN. Tetap tidak bisa.
      Tolong Bantuannya kak.

      Hapus
    3. Saya mencoba untuk daftar tapi tidak bisa ketahap selnjutnya, sampai kapan kira kira erro kak ?

      Hapus
  20. Kak saya udah daftar kip dan memilih universitas langkah selanjutnya apa ya kk

    BalasHapus
  21. Ayah pns, dn blum.pernah mndpat bntuan apa2 apkh bs daftar kip kuliah ?

    BalasHapus
  22. kak kalo kipk itu acc dikbud gimana ya kak

    BalasHapus
  23. Kemarin waktu snmptn saya ikut daftar kip itu kak,cuma pas di portal ltmpt nya saya belum melengkapi /menyesuaikan data. Dan akhirnya gak jadi daftar kip.
    Tahun depan rencananya saya pingin ikut sbmptn kak,apa masih bisa saya ikut daftar kip kuliah itu kak?
    Mohon dijawab kak

    BalasHapus
  24. Sy lulus jalur mandiri undana kupang, punya KIP, tapi tdk Dpt bidikmisi karena alasan Badan layanan umum dan lewat jalur mandiri, mohon kejelasan agar sy bisa dpt KIP walaupun lewat jalur mandiri

    BalasHapus
  25. Sy lolos jalur mandiri tapi pihak kampus tdk mengakomodir sebagai penerima KIP ni admin, padahal sy pemegang KIP, mohon solusi

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum Kak .Saya anak geapyear jadi untuk daftar kip kuliah ini harus verfal dulu supaya NISN Saya aktif...tetapi dari pihak yang Saya ajukan yang insyaallah sudah benarr .ingin segera di d bls Oleh pihak kemendikbud Karna kampus ingin segera saya punya akun nya saya terlalu ketakutan untuk tidak mendapatkan KIP ini Kärnä saya misal nekat untuk kuliah ini ...supaya Bisa melanjut Kan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi..Mohon bantuan nya soal NISN saya Yang masih tidak aktif wassalamualaikum

    BalasHapus
  27. Selamat sore pak bu.
    Saya mau daftar kip kuliah. Tapi pada saat pengisian dikolom nisn sudah terdaftar.
    Itu kira2 solusinya gmna?
    Terima kasij

    BalasHapus
  28. Kak apakah jika mempunyai kipk, dibayarkan ukt sepenuhnya sampai lulus di pts?

    BalasHapus
  29. Saya lolos jalur sbmptn tapi saya gak lolos kipk padahal saya punya kks dan kenapa saya malah membayar ukt nya golngan 6 padahal saya dari kluarga kurang mampu...tlng gimana solusinya kak?

    BalasHapus
  30. Kak saya punya kampus tdk terdaftar di kip kuliah. Bagaimana supaya saya bisa dapat

    BalasHapus
  31. Kak saya punya kampus tdk terdaftar di kip kuliah. Bagaimana supaya saya bisa dapat

    BalasHapus
  32. Kak saya sudah diterima pts sebelum mendaftar kipk, kira² gimana kak? tetep bisa tidak yaa?

    BalasHapus
  33. Email saya salah masuk kak, sudah saya coba email lain kok tidak bisa

    BalasHapus
  34. Mau tanya dong, Kan saya daftar di PTS, aku sempat daftar jalur kipk, tapi karena blom ada respon aku ambil yg reguler, di kip sama reguler aku beda prodi, sedangkan di reguler aku udah jadi Maba Fak.Hukum, sedangkan jalur kip-k aku camaba di prodi yg berbeda

    BalasHapus
  35. Min saya belum mendapatkan kode akses di akun kip kuliah karena kesalahan saat mengambil informasi siswa

    BalasHapus
  36. Kak saya daftar kip kuliah tapi sampai skrng belum ada jawaban saya di terima di kip kuliah...saat ini sdng pendaftaran kjpmu boleh kah saya mendaftar kjpmu kak?

    BalasHapus
  37. Kak mau tanya . Alhamdulillah saya lolos di pts jalur kipk . Tapi kalau saya tidak jadi ambil apakah tahun depan karena ada alasan tertentu . Apakah tahun depan saya bisa mendaftar dan mengajukan kipk lagi ? Terima kasih

    BalasHapus
  38. Kenapa ya saya daftar kok prodi teknik sipil ga ada ya?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.