Header Ads

Ada Tambahan Untuk Mahasiswa Vokasi Penerima KIP Kuliah


Format pembiayaan KIP Kuliah dan Bidikmisi tidak akan berbeda, hal ini ditegaskan oleh Sekretaris Direktorat Jendral Dikti, Paristiyanti Nurwardani saat konfrensi pers terkait KIP Kuliah di Kemendikbud.

“Uang (KIP Kuliah) sama dengan tahun lalu. Uang kuliah Rp 2,4 juta persemester, dan uang biaya hidup Rp 4,2 juta persemester,” ujarnya.
x


Akan tetapi, dalam lanjutannya Paris menyampaikan bahwa khusus untuk mahasiswa vokasi, ada tambahan pembiayaan sebesar 800 ribu untuk tes kompetensi di setiap semesternya. Uang ini harus benar-benar digunakan untuk mengikuti tes kompetensi, sehingga nanti harus bisa dibuktikan dengan mendapatkan sertifikat kompetensi. Jadi uang 800 ribu ini bukan untuk kebutuhan yang lain.

“Kalau, misalkan ingin mempunyai kompetensi bigdata maka uang ini bisa digunakan untuk membayar uji kompetensi. Presiden dan Menteri meminta agar seorang vokasi harus betul-betul punya kompetensi yang tersertifikasi,” jelasnya.

Dengan tambahan pembiayaan bagi mahasiswa vokasi, diharapkan nantinya mencetak lulusan-lulusan yang benar-benar siap bekerja dan bisa menunjukkan ouput yang baik dari program KIP Kuliah.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.