Header Ads

SYARAT PENDAFTARAN KIP KULIAH


Untuk meningkatkan pembangunan sumber daya manusia pemerintah merilis Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah). Program ini adalah salah satu upaya untuk membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Tidak semua siswa diperkenankan mendaftar di program ini. Hanya mereka yang memenuhi syarat saja (berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu) yang bisa mengajukan KIP Kuliah.

Berikut adalah syarat pendaftaran KIP Kuliah :

1. Siswa lulusan SMA/SMK/MA Sederajat lulusan 3 tahun terakhir. Untuk pendaftaran KIP Kuliah tahun 2021 diperuntukan bagi lulusan 2021, 2020 dan 2019.

2. Berasal dari keluarga miskin/rentan miskin yang dibuktikan dengan salah satu kriteria (tidak harus memenuhi semua kriteria di bawah, cukup satu saja) berikut:
  1. Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH) atau dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS);
  2. Berasal dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang diterbitkan oleh kementerian yang menangani urusan pemerintahan di bidang sosial.
  3. Berasal dari panti sosial/panti asuhan;
  4. Berasal dari anggota keluarga yang memiliki pendapatan kotor paling banyak Rp4.000.000,00 (empat juta rupiah) setiap bulan atau paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu) per keluarga setiap bulan.
*Siswa dengan penghasilan orang tua diatas 4 juta otomatis tidak memenuhi syarat pendaftaran KIP Kuliah.

3. Belom terdaftar sebagai penerima KIP Kuliah atau Bidikmisi di tahun sebelumnya. Bagi yang sudah pernah mendaftar di tahun sebelumnya tapi gagal, maka kallian tetap bisa mendaftar KIP Kuliah lagi.

4. Melakukan pendaftaran online di websitenya KIP Kuliah . Bagi alumni yang sudah punya akun sebelumnya, kalian bisa mendaftar lagi menggunakan akun lama yang kalian miliki.

5. Mendaftar di Seleksi Masuk Perguruan Tinggi. Jadi kalian wajib mendaftar dan keterima di salah satu seleksi masuk perguruan tinggi dulu. Jika sudah diterima (misal di SBMPTN) maka selanjutnya KIP Kuliah kalian akan diaktivasi kampus untuk proses seleksi dan pengajuan KIP Kuliah di Kemdikbud.

Bagi siswa yang tidak memiliki KIP /PKH /KKS /DTKS tetap bisa mendaftar di website KIP Kuliah. Selanjutnya nanti akan dilakukan seleksi  oleh pihak kampus untuk menentukan kelayakan para pelamar KIP Kuliah.

Jangan lupa follow Instagram 
@sahabat.kipkuliah
Subscribe youtube dibidikmisicom

2 komentar:

  1. Waktu daftar KIP kuliah..dikolom ada tulisan nisn SDH ada sblmnta...dan saya smpai sekarang blm bisa mengakses kelanjutan pendaftaran KIP kuliah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ajukan perbaikan nisn ke http://pd.data.kemdikbud.go.id/vervalLulusan/

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.