Header Ads

Sebanyak 55 Mahasiswa Bidikmisi Unpad Ikuti Bootcamp Pertama Program Impact Entrepreneur


Sebanyak 55 mahasiswa Bidikmisi Universitas Padjadjaran mengikuti kegiatan kamp pelatihan “Bootcamp” rangkaian program “Impact Entrepreneur” yang digelar Sacita Muda Unpad bekerja sama dengan Sinergi Foundation di Villa Mazel, Lembang, 1 – 3 Maret lalu.
Kegiatan kamp pelatihan ini bertujuan menciptakan kapasitas individu unggul melalui pembangkitan kewirausahaan sosial. Kegiatan ini menjadi agenda pertama program “Impact Entrepreneur” yang berperan memberikan pendampingan bagi mahasiswa Bidikmisi Unpad terpilih.

Salah satu penggerak program “Impact Entrepreneur” Dr. Dwi Purnomo mengatakan, program ini mengaplikasikan kurikulum keterampilan dari “the 21st Century Essential Skills” sebagai penunjang kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan di Unpad. Diawali dengan berbagai program untuk menemukan dasar pengukuran penguasaan keterampilan sebagai paduk (baseline).

“Harapannya mahasiswa ini dapat dengan jelas ingin berperan seperti ada di masa depan, atau dalam istilah program ini dinamakan sebagai The New You,” ujar Dr. Dwi dalam rilis yang diterima Kantor Komunikasi Publik Unpad.

Ia menjelaskan, tidak banyak perguruan tinggi yang mengaplikasikan konsep kurikulum ini. Padahal, kurikulum ini menjadi kunci untuk membuka potensi setiap individu agar mampu bergerak sesuai kapasitas maksimalnya. Kemampuan akademik akan mengikuti kemudian.

“Kegiatan ini menjadi uji coba bagaimana menyelenggarakan kegiatan pembelajaran transformatif yang melibatkan jejaring kolaborasi kerjasama yang baik untuk mendatangkan goals, yakni menciptakan lulusan-lulusan yang unggul. Kurikulum Impact Entrepreneur ini dirancang dengan pendekatan transformative learning yang fokus pada pengembangan kapasitas manusia melalui pembelajaran berbagai keterampilan masa depan seperti 21st Century Essentials Skills,” papar Dr. Dwi.

CEO Sacita Muda Unpad Salamun Taofik mengatakan, kamp pelatihan ini menjadi awal dari rangkaian penguatan 21st Century Essential Skills bagi mahasiswa Bidikmisi Unpad. Selanjutnya, dalam empat bulan pertama akan dipetakan paduk kemampuan dasarnya, seperti kemampuan TOEFL/IELTS, literasi akademik, penguasaan alat pembelajaran, teknologi informasi, komunikasi dan kapasitas lainnya termasuk kemampuan wirausahanya.
 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.